ANALISIS KORELASI NILAI AKHIR MAHASISWA TERHADAP INDEKS PRESTASI DOSEN STMIK SENTRA PENDIDIKAN BISNIS SAMARINDA

Main Article Content

Riyayatsyah Riyayatsyah

Abstract

Kemajuan perguruan tinggi tidak dapat dilepaskan dari peran dosen, mahasiswa, karyawan dan fasilitas serta sistem yang dipergunakan di perguruan tinggi tersebut. Dosen yang merupakan ujung tombak dari perguruan tinggi diharapkan dapat menjadi dosen yang profesional sesuai dengan amanah yang dipikulnya, mengemban tridharma perguruan tinggi. Dosen pada saat ini tidak cukup hanya pandai dalam menyampaikan materi perkuliahan namun mereka juga dituntut profesional melakukan penelitian-penelitian ilmiah dan cerdas dalam pengabdian-pengabdian masyarakat. Dosen dan mahasiswa merupakan dua komponen yang paling dapat bersinegi untuk dapat menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang berkualitas. Untuk meningkitkan profesionalisme dosen, maka kinerja dosen perlu pengamatan secara kontinu, dan di STMIK Sentra Pendidikan Bisnis di bawah naungan Yayasan Airlangga Group setiap akhir semester selalu mengevaluasi kinerja dosen, dan dosen dapat menerima lembar evaluasi yang biasa disebut dengan Indeks Prestasi Dosen (IPD) yang pemeringkatkannya sesuai dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) mahasiswa. Guna mengetahui sejauh apa kualitas dosen dalam belajar mengajar, maka dilakukan penelitian dengan membagikan kuesioner secara online kepada mahasiswa yang diisi oleh seluruh mahasiswa untuk menilai dosen, jika dosen memberi nilai akhir baik, apakah mahasiswanya juga memberikan penilai yang baik terhadap dosen tersebut. Korelasi penilaian tersebut menunjukkan bahwa, secara keseluruhan dosen dan mahasiswa tidak berkorelasi terhadap penilaian. Artinya dosen memberi nilai baik, mahasiswa tidak memberikan nilai baik dengan hasil pengujian statistik, korelasi keputusan dengan α = 5%. Namun jika pengujian statistik korelasi menggunakan keputusan dengan α = 10 % dan dengan Nilai Probabilitas ≤ 0,1, maka untuk Prodi Manajemen Informatika secara keseluruhan berkorelasi, dan untuk Prodi Sistem Informasi terdapak korelasi untuk semester V (lima).



Kata Kunci: Korelasi, Dosen, Mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Arwildaryanto, Manajemen Sumberdaya Manusia Perguruan Tinggi: Pendekatan Budaya Kerja Dosen Profesional, Penerbit, Alfabeta, Bandung, 2013.
[2] Hermawan, D.,W.,K., Analisis Sumber Daya Manusia Pendidikan Tinggi, Jurnal Dikbud, 2011.
[3] Daniel, W.W., Statistik Non Parametrik Terapan, Georgia State University, Penerbit, PT Gramedia, Jakarta, 1989.
[4] Kurniawan, R. V. dan Yulianto B., Analisa Regresi Dasar dan Penerapannya dengan R, Penerbit, Kencacana, Jakarta, 2016.
[5] Standard Operating Prosedure (SOP) STMIK Sentra Pendikan Bisnis, Penilaian Kinerja Dosen Dalam Bentuk Indeks Prestasi Dosen (IPD), Samarinda, 2014.