IMPLEMENTASI SOCIOPRENEURSHIP DENGAN SISTEM TERINTEGRASI (E-LEARNING, E-SHOPPING, E-CROWDFUNDING) BERBASIS WEB BOOTSTRAP DAN ANDROID DI KABUPATEN PROBOLINGGO

Main Article Content

Moh Ainol yaqin

Abstract

Perubahan teknologi yang begitu cepat, diharapkan dapat mempermudah beberapa permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, beberapa masalah tersebut adalah pendidikan, kemiskinan dan bencana alam atau tentang sosial. Dari ketiga permasalahan tersebut, akan diatasi dengan sistem yang terintegrasi dan dengan menggunakan aplikasi teknologi website agar dapat diakses oleh masyarakat umum, serta teknologi mobile phone atau android.  Pendidikan dengan menggunakan e-Learning akan tetapi bukan hanya pelajaran konvensional juga  pembelajaran tutorial life skill yang menghasilkan produk layak jual. Pemasaran produknya di e-Shopping, agar masyarakat luas dapat melihat dan membelinya.Sekaligus dapat meningkatkan pendapatan sehingga membuntu perekonomiannya, hal tersebut salah satu membantu mengurangi kemiskinan.Dan e-Crowdfuddin aplikasi berupa wadah donatur untuk mengeluarkan bantuan baik itu untuk membangun ibadah atau bencana.Dengan adanya aplikasi terintegrasi ini dapat membantu pada ketiga permasalahan tersebut. Desain database menggunakan ERD (Entitas Relationship Diagram), dimana desain tersebut meliputi ketiga sistem tersebut. Dan untuk alur sistem menggunakan flowchart. Maka dari itu, dengan adanya sistem terintergrasi ini dapat meningkat kesejahteraan masyarakat Probolinggo. Target dari penelitain ini adalah sebuah aplikasi Sociopreneur dengan sistem yang terintegrasi yang sesuai dengan ketiga aplikasi di atas. Sehingga dari aplikasi ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Kabupaten Proboliggo.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Y. Fauzi, Ranking Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Turun ke-113. CNN Indonesia, 2016.
[2] R. Ferdianto, Minat Baca Indonesia, Peringkat 60 dari 61 Negara. Media Indonesia, 2016.
[3] Anja Arwana, Literasi Indonesia Ranking Terendah di Dunia, Unisma Resmikan Pusat Studi Literasi. Malangvoice.com, 2016.
[4] A. A. Nur, Puluhan Ribu Warga Probolinggo Masih Buta Aksara. Republik.co.id, 2016.
[5] A. Wahana and I. Purliansyah, “Pembangunan E-Commerce (Penjualan Online) Pada Turpez Shop,” J. Comput. Bisnis, vol. 6, no. Bisnis Intelijen, pp. 1–7, 2012.
[6] A. I. Nyimas Sriwihajriyah, Endang Lestari Ruskan, “Sistem pembelajaran dengan e-learning untuk persiapan ujian nasional pada sma pusri palembang,” J. Sist. Inf. (JSI), VOL. 4, NO. 1, April 2012, vol. 4, no. 1, 2012.
[7] E. Belina, P. Fakruddin, and R. Batubara, “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi E-Learning Versi Mobile Berbasis Android,” Singuda Ensikom, vol. VOL. 4 NO., pp. 76–41, 2013.
[8] M. Blanck and R. Janissek-Muniz, “Inteligência estratégica antecipativa coletiva e crowdfunding: aplicação do método L.E.SCAnning em empresa social de economia peer-to-peer (P2P),” Rev. Adm., vol. 49, no. 1, pp. 188–204, 2014.
[9] M. Q. Shah, “RESPONSIVE WEB DEVELOPMENT USING THE TWITTER BOOTSTRAP,” Bachelor’s thesis Degree Program. Inf. Technol. Spec. Internet Technol. 2015, pp. 1–42, 2015.
[10] T. Bläsing, L. Batyuk, A.-D. Schmidt, A. Camtepe, and S. Albayrak, “An Android Application Sandbox System for Suspicious Software Detection,” 2010 IEEE, pp. 55–62, 2010.
[11] A. Abdel-Salam Al-Btoush, “Extracting Entity Relationship Diagram (ERD) from English Sentences,” Int. J. Database Theory Appl., vol. 8, no. 2, pp. 235–244, 2015.