PEMILIHAN METODE TERBAIK DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK REKRUTMEN TENAGA SATGAS GERDEMA DI KABUPATEN MALINAU

Main Article Content

Henri Tetiawadi Rizal Fathoni Aji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun suatu analisis penilaian dalam rekrutmen tenaga Satgas GERDEMA berdasarkan cara kerja algoritma dua buah metode dalam sistem pendukung keputusan, yaitu Analytical Hierarchy Process dan Profile Matching. Pemakaian metode ini ditujukan untuk memperkecil peluang terjadinya campur tangan yang bersifat probadi dalam keputusan perekrutan tenaga baru, sebab keputusan yang baru adalah berdasarkan hasil keluaran dari proses pengolahan data penilaian dengan dua buah metode di atas.Peneliti hendak melakukan perbandingan cara kerja algoritma dari dua metode itu dan melihat keluaran-keluarannya untuk menentukan metode logika mana yang tepat dipakai dalam permasalahan perekrutan ini, yang kemudian hasil penilaian ini dapat diusulkan sebagai kontribusi peneliti kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Malinau sebagai suatu framework untuk keperluan perekrutan tenaga Satgas GERDEMA. Sebagai hasil dari penelitian ini adalah berupa dua buah keluaran dari dua buah metode yang dibandingkan itu, yang mana keluaran-keluaran ini berisi informasi perankingan nilai secara descending untuk masing-masing tenaga baru yang akan direkrut sebagai tenaga Satgas GERDEMA.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] H.M Jogianto, Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Edisi I, Yogyakarta: Andi Offset, 1993.
[2] Faisal Permana, Silvester Dian Handy, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan yang Terfavorit dengan Menggunakan Multi-criteria Decision Making”, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Vol. 2, No. 1, 2015.
[3] Efraim Turban, Jay E. Aronson, Ting-Peng Liang, Decision Support Systems and Intelligent Systems-7th Ed, Jilid 1, Yogyakarta: Andi Offset, 2005.
[4] Fathul Wahid, Kamus Istilah Teknologi Informasi, Yogyakarta: Andi Offset, 2005.
[5] Kusrini, Konsep dan Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Andi Offset, 2007.
[6] Tri Ferga Prasetyo, Chandra Kusumah, “Sistem Pendukung Keputusan Mahasiswa Berprestasi menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus: Universitas Majalengka)”, Jurnal J-Ensitec, Vol 02, No. 01, 2015.
[7] Muh. Rasyid Ridha, “Model Analutical Hierarchy Process untuk Penilaian Desa dalam Program Desa Maju Inhil Jaya”, Jurnal Sistemasi, Volume 6, Nomor 1, 2017.
[8] Temesgen Garoma, Shimels Diriba, “Modeling and Analysis of Supplier Selection Method Using Analytical Hierarchy Process (AHP)”, STAR Journal, 2014.
[9] Ichsan, T.M. Syahru, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Beasiswa Mahasiswa Kurang Mampu pada STMIK Budidarma Medan Menerapkan Metode Profile Matching”, Pelita Informatika Budi Darma, Volume: V, Nomor: 1, 2015.
[10] Intan Nur Farida, Rina Firliana, “Implementasi Metode Profile Matching Untuk Evaluasi Potensi Akademik Penjurusan Siswa MAN 2 Kota Kediri”, Jurnal Infotel Vol.8 No.2 November 2016, 2016.