STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA FRAMEWORK, ANALISIS PEST DAN SWOT

Main Article Content

Yeyen Dwi Atma Suhartati Suhartati

Abstract

Abstrak


Banyak institusi pendidikan tinggi melakukan pengembangan teknologi informasi hanya berdasarkan apa yang mereka percayai atau rekomendasi dari kolega atau vendor. Tidak semua perguruan tinggi paham dan mengerti bagaimana melakukan pengembangan SI/TI dilembaganya, hal ini dikarenakan tidak semua perguruan tinggi bidang keilmuannya berbasis SI/TI. Pengembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) membutuhkan perencanaan yang matang untuk menghindari kerugian yang lebih besar dari sisi finansial dan investasi. Pengembangan SI/TI yang tidak sistematis akan terkesan tambal sulam, hanya memenuhi kebutuhan sesaat, tidak ada skala prioritas dan tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis Perguruan Tinggi baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Perencanaan strategis sistem informasi merupakan pendekatan sistematis mengenai apa yang dianggap paling efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan informasi. Pendekatan strategis sistem informasi yang dikemukakan oleh John Ward and Joe Peppard (2002) yang akan mendasari penulisan ini dengan menggunakan kerangka Framework dan analisys PEST serta SWOT. Hasil analisis ini diharapkan akan menjadi kerangka acuan perencanaan strategis yang merujuk kepada rencana bisnis setiap perguruan Tinggi.
Kata Kunci: Strategy, Framework, PEST, SWOT, Perguruan Tinggi

Article Details

How to Cite
ATMA, Yeyen Dwi; SUHARTATI, Suhartati. STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA FRAMEWORK, ANALISIS PEST DAN SWOT. METIK JURNAL, [S.l.], v. 1, n. 1, june 2017. ISSN 2580-1503. Available at: <http://jurnal.stmikbpn.ac.id/index.php/metik1/article/view/6>. Date accessed: 22 oct. 2017.
Section
Articles