PERANCANGAN ONLINE ANALYTICAL PROCESSING PUSAT INFORMASI HARGA PANGAN STRATEGIS KOTA BALIKPAPAN

Main Article Content

Subur Anugerah

Abstract

Di tengah melimpahnya data harga pangan yang disediakan Dinas Perdagangan Balikpapan, time series dibutuhkan guna menganalisis fluktuasi harga pangan dari waktu ke waktu. Tanpa pengelolaan yang baik, tumpukan data harga pangan akan menjadi dokumen data  yang tidak berguna. Sementara itu untuk melihat trend, kecenderungan dan peramalan (forecasting) terhadap kebutuhan daerah ke depan diperlukan analisis data secara historical.


Online Analitical Processing (OLAP) dapat digunakan untuk mengelola tumpukan data warehouse, membentuk dimensi, menyusun dalam kubus data sehingga memberikan sajian yang fleksibel sesuai kebutuhan. Penelitian ini menyajikan bagaimana membangun OLAP dengan mengikuti tahap analisis kebutuhan sistem, ketersediaan data, dan proes bisnis.


Dengan menggunakan tool MySQL dan PHP, penulis menyusun dengan tahapan analisis kebutuhan, desain analisis, pembuatan skema data warehouse, pemrograman, dan pengujian. Hasilnya berupa aplikasi OLAP, yang diharapkan bermanfaat untuk dijadikan model dalam membantu memantau sekaligus mengendalikan harga pangan strategis ke dalam portal pemerintah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles