PERANCANGAN JARINGAN REDUNDANCY LINK MENGGUNAKAN KONSEP HSRP DAN ETHERCHANNEL (STUDI KASUS PT.TELKOM AREA PALANGKARAYA)

Main Article Content

Wisnu Hera Pamungkas

Abstract

Infrastruktur jaringan yang memadai dan dapat diandalkan sangatlah dibutuhkan bagi perusahaan. Kurangnya perhatian terhadap infrastruktur jaringan yang dapat diandalkan menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Aspek kehandalan jaringan dapat ditingkatkan melalui penggunaan jalur redundansi dan peningkatan performa jaringan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kehandalan dan performa jaringan melalui penerapan HSRP (Hot Standby Router Protocol) dan Etherchannel sebagai redundancy link pada jaringan.


Hal utama yang dilakukan pada penelitian ini adalah merancang topologi secrara terstruktur menggunakan pendekatan Hierarchical Network Design. Setelah perancangan topologi selesai dilakukan dilanjutkan dengan perancangan pengalamatan IP address, perancangan topologi dan konfigurasi HSRP (Hot Standby Router Protocol), Etherchannel, VLAN (Virtual Local Area Network), Trunking, STP (Spanning Tree Protocol) dan VTP (Virtual Trunking Protokol). Setelah konfigurasi, dilakukan proses pengujian dengan menggunakan skenario pemutusan jalur dan pendekatan analisis availability dan reliability menggunakan platform simulasi Cisco Packet Tracer.


Penggunaan HSRP (Hot Standby Router Protocol) dan Etherchannel pada Hierarchical Network Design mampu menjadi redundancy link yang dapat meningkatkan ketersediaan, kehandalan, dan performa jaringan secara keseluruhan. Pada HSRP, konfigurasi harus dilakukan pada setiap Distribution layer agar takeover dapat dilakukan oleh Switch standby. Lalu IP address pada host harus di konfigurasi secara otomatis dengan fungsi server DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol),dengan konfiguation VTP (Virtual Trunking Protocol) mempermudah untuk manajemen VLAN (Virtual Local Area Network) yang sama pada setiap switch distribution  dan switch access,dengan konfigurasi ini artinya setiap end user tetap memperoleh ip yang sama meskipun switch distribution sedang takeover saat terjadi gangguan fisik pada jaringan.

Article Details

Section
Articles