ANALISIS FAKTOR PENENTU KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA STMIK BALIKPAPAN

Main Article Content

Suhartati suhartati Suhartati Lana Sunarto

Abstract

Keberhasilan dosen dalam memberikan layanan pendidikan berupa layanan proses belajar mengajar ditentukan oleh kualitas layanan yang diberikan. Untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan dapat diukur dengan memuaskan mahasiswa sebagai custumernya. Pengukuran kualitas layanan merupakan elemen penting untuk memberikan layanan yang lebih baik, lebih efisien dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penentu kepuasan mahasiswa terhadap layanan proses belajar mengajar. Data dikumpulkan melalui penyebaran questioner kapada ±300 mahasiswa aktif STMIK Balikpapan. Untuk pengolahan datanya menggunakan salah satu metode dalam Sistem Pengambilan Keputusan (SPK) yaitu Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena metode ini mampu melakukan seleksi terhadap alternative – alternative terbaik dari sejumlah alternative. Terdapat sepuluh kriteria yang dipakai dalam penelitian ini diantaranya : Gaya mengajar, kemampuan berkomunikasi, penguasaan materi, kesiapan dan terorganisir,  Antusiasme Yang Dinamis,  Kepedulian Pribadi Terhadap Mahasiswa, Ketrampilan Berinteraksi,  Fleksibilitas dan Kreativitas serta Keterbukaan, Kepribadian yang kuat dan komitmen. Dari kriteria tersebut akan dipadukan dengan faktor penentu kualitas layanan Jasa Diantaranya :Kehandalan (Reliability), Bukti Langsung (Tanggible), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empatthy). Kemudian dilakukan penilaian oleh mahasiswa menggunakan skala linkert dengan bobot yang telah ditentukan. Dari perhitungan penilaian tersebut  maka diperoleh hasil bahwa nilai terbesar terdapat pada V3 dan V9 = 15.99, sehingga alternative A3=Penguasaan Materi dan A9 = Kepribadian Yang Kuat adalah alternative yang terpilih sebagai alternative terbaik.


 


Kata kunci : Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa, Proses Belajar  Mengajar, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW)

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Fandy, Tjiptono. (2014). Manajemen Jasa, Penerbit : Andi, Yogyakarta.
[2] Hermawan, J. 2005. Membangun Decision Support System, Andi, Yogyakarta
[3] Kusrini, 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit : Andi, Yogyakarta.
[4] Kusumadewi, Sri, Sri Hartati, Agus Harjoko dan Retantyo Wardoyo (2006), Fuzzy Multi – Atrribute Decision Making (Fuzzy MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.
[5] Kotler, Philip (1997), Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (edisi kedelapan terjemahan Arcela Ariwati Hermawan). Jakarta: Salemba Empat
[6] Laengge, I., Wowor, H. F., Putro, M. D., Informatika, T., & Sam U., Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Dosen Pembimbing Skripsi, https:// ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/download/13776/13356, Vol 9 No. 1, 2016.
[7] Muslihudin, Muhamad, dan Arumita, A. Wulan, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 6-7 Februari 2016: Pembuatan Model Penilaian Proses Balajar Mengajar Perguruan Tinggi Menggunakan Fuzzy Simple Additive Weighting (SAW) (Studi kasus : STMIK Pringsewu)
[8] Nugroho Joko Usito (2013). Tesis : Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Proses Belajar Mengajar Menggunakan Simple Metode Additive Weighting (SAW), Universitas Diponegoro Semarang.
[9] Puput Puspito Rini, Dedi, Nova Riyanti, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Berbasis Web dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Studi Kasus pada STMIK Global Tangerang, http://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/do wnload/89/9, ISSN: 2088 – 1762, Vol 5 No 2, September 2015.
[10] Setiawan, M. N., Roring, R. S., & Risnawati, R. (2017). ANALISIS KLASIFIKASI DAN PENGOLAHAN KNOWLEDGE DALAM EVALUASI PELATIHAN SEA SURVIVAL. METIK JURNAL, 1(2), 70-73.