EVALUASI KINERJA DOSEN TETAP MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN WEIGHTED PRODUCT

Main Article Content

Tri Sudinugraha Achmad Benny Mutiara

Abstract

STMIK Balikpapan meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia dalam bidang TI yaitu dengan menjaga kualitas dari tenaga pendidik yang menjadi tiang utama dari sebuah perguruan tinggi. Demi menjaganya kualitas dari tenaga pendidik dilakukan suatu sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode yang memanfaatkan perhitungan bobot serta hasil akhir berupa perangkingan untuk tenaga pendidik yang setiap kriterianya berdasarkan acuan yang diberlakukan di STMIK Balikpapan.


Sistem pendukung keputusan yang akan digunakan yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menghitung bobot dari kriteria yang terdiri dari 9 kriteria dan bobot yang telah didapatkan dari perhitungan AHP dari masing masing kriteria dihitung dengan nilai pada penilaian menggunakan metode Weighted Product (WP) yang digunakan untuk melakukan perangkingan pada setiap alternatif – alternatif yang ada sehingga membantu dalam melakukan proses penentuan kualitas kinerja dosen tetap yang berada di STMIK Balikpapan.


Hasil perhitungan pada 9 kriteria yang diterapkan memiliki konsistensi indeks dibawah 0,1 yaitu sebesar 0, 057 sehingga bobot dari masing – masing kriteria dinggap konsisten.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles