SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMBUKAAN CABANG TOKO BARU MENGGUNAKAN METODE FUZZY – SAW

Main Article Content

Wahyuni Wahyuni Luqman Hakim Jajang Nurjaman Henry Ronald Karnia Tampangela

Abstract

Toko merupakan salah satu usaha perdagangan di Indonesia dimana terjadi transaksi penjualan dan pembelian barang dalam satu ruangan atau gedung. Dalam meningkatkan usahanya salah satu hal yang dapat dilakukan adalah pembukaan cabang baru pada lokasi tertentu yang dinilai strategis dan menguntungkan. Dalam penentuan lokasi yang tepat bukanlah hal yang mudah. Apalagi alternatif lokasi yang akan dipilih banyak dan memiliki kharakter yang hampir mirip sementara yang akan dicari adalah lokasi yang paling baik.


Oleh karena itu dalam penelitian ini dirancang dan dibuatlah sistem pendukung pengambilan keputusan untuk menetukan lokasi pembukaan cabang toko baru. Dengan menggunakan Fuzzy Multi Attribute Decision Making dan metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam proses pengambilan pengambilan keputusan maka dapat ditentukan mana lokasi yang direkomendasikan. Dalam pembuatan sistem digunakan aplikasi Visual Studio.


Hasil atau keluaran dari sistem ini berupa perankingan calon lokasi cabang baru yang disebut sebagai alternatif. Rangking yang paling atas merupakan lokasi terbaik untuk membuka cabang baru berdasarkan hasil perhitungan dari sistem. Setelah sistem diuji cobakan dengan cara membandingkan perhitungan manual dan dengan menggunakan sistem yang telah dibuat, maka dapat disimpulkan bahwa sistem sudah layak untuk digunakan untuk membantu memutuskan mencari lokasi terbaik dalam membuka cabang baru toko.

Article Details

Section
Articles