TINGKAT KEMATANGAN PROSES MANAJEMEN INSIDEN MENGGUNAKAN ITIL V3 DI PUSAT KOMPUTER STMIK WIDYA CIPTA DHARMA SAMARINDA

Main Article Content

Muhammad Fahmi Lana Sularto

Abstract

dilihat oleh pelanggan dan bisnis. Organisasi harus secara proaktif menerapkan kerangka pengelolaan layanan TI yang sehat seperti ITIL v3 sehingga dapat mempertahankan Quality of Service (QoS) yang diinginkan. Penelitian ini menguji kematangan proses manajemen kejadian dari sebuah organisasi. Salah satu proses yang menjadi perhatian STMIK Widya Cipta Dharma  dalam meningkatkan layanan TI adalah proses manajemen Insiden terkait teknologi informasi pada Pusat Komputer (Puskom) menggunakan ITIL v3.


Untuk merancang model kedewasaan kami untuk ITIL v3, kami menerapkan model yang dipilih ITSCMM dan CMMI-SVC dengan Metode Penilaian dalam umpan balik setiap orang yang diwawancarai dari satu organisasi masuk ke dalam alat penilaian. Dalam penelitian ini mengadopsi alat penilaian diri oleh UCISA, yang terdiri dari 42 poin dari skala dari (1-5), dipetakan secara kualitatif ke dalam lima tingkat kematangan dan dikelompokkan menjadi 4 penilaian utama komponen.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles