INSTRUMEN PENILAIAN DOSEN SEBAGAI KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM DALAM LINGKUNGAN INTERNAL KAMPUS

Main Article Content

Riovan Styx Roring

Abstract

Seiring dengan perkembangan era yang semakin maju, dunia pendidikan menjadi peran penting yang sangat berpengaruh didalamnya. Hal ini mengakibatkan kualitas dari sumber daya manusia (SDM) menjadi tolak ukur yang sangat penting, salah satu unsur penunjang tolak ukur tersebut yaitu melalui adanya SDM yang berkualitas.


 


Salah satu bentuk ukuran kemajuan sebuah institusi adalah dengan melihat kualitas dosen pada institusi tersebut. Salah satu cara pengukuran kualitas dosen yaitu dengan penilaian mahasiswa melalui instrumen penilaian dosen yang dilakukan setiap akhir semester. Adapun instrumen penilaian dosen harus dapat mengambil knowledge yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, untuk itu diperlukan perencanaan dan perancangan instrumen penilaian dosen yang tepat dengan kebutuhan. Instrumen penilaian yang ada harus memuat setiap bagian kompetensi dosen sehingga dapat digunakan sebagai bagian dari proses peningkatan kualitas dosen.


 


KM strategy yang ada nantinya menjadi salah satu landasan dalam penyelarasan bagian akademik, eksekutif, maupun dosen. Perancangan dan penerapan KM strategy ini juga diharapkan dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang umumnya terjadi diantara bagian-bagian tersebut.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Quintas et al., “Knowledge Management: A Strategic Agenda”, Long Range Planning, 1997
[2] Cumby et al., “Retrieval and Ranking of Semantic Entities for Enterprise Knowledge Management Tasks”, 2009 http://km.aifb.kit.edu/ws/semsearch09/semse2009_28.pdf
[3] Lin C., H., Tsai F., S., Tarn D., D. Hsu C., S., C., 2015, “Strategic fit among knowledge attributes, knowledge management systems, and service positioning”, http://e-resources.perpusnas.go.id:2071/docview/1699757174
[4] Hansen et al., “What’s Your Strategy for Managing Knowledge?” 1999 http://hrnorge.no/assets/files/downloads/Hansen-1999_Whats-your-strat-art.pdf
[5] Frost, Alan. "A synthesis of knowledge management failure factors." Recuperado el 22 (2014).
[6] Setiawan, M. N., Roring, R. S., & Risnawati, R. (2017). ANALISIS KLASIFIKASI DAN PENGOLAHAN KNOWLEDGE DALAM EVALUASI PELATIHAN SEA SURVIVAL. METIK JURNAL, 1(2), 70-73.