ANALISIS PENERAPAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DENGAN PENDEKATAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX

Main Article Content

Wisnu Hera Pamungkas Viska Armalina

Abstract

Pembelajaran berbasis elektronik (e-Learning) mengedepankan penggunaan Learning Management System (LMS) untuk mendukung pengembangan kegiatan belajar mengajar. Dengan e-Learning memungkinkan terjadinya proses pendidikan tanpa melalui tatap muka langsung sehingga pengembangan ilmu pengetahuan kepada siswa bisa dilakukan dengan mudah. Namun, dalam prakteknya banyak institusi pendidikan yang mengalami kegagalan dalam penerapannya. Penelitian ini akan berfokus kepada pendekatan penerapan yang didahului dengan analisis mendalam terhadap obyek penelitian, dalam hal ini institusi pendidikan yang hendak ataupun telah menerapkan e- Learning. Metode pengolahan yang digunakan antara lain, (1) Tahap Pengumpulan Data menggunakan analisis matriks IFE dan matriks EFE untuk menyimpulkan informasi dasar yang diperlukan untuk merumuskan strategi. Kemudian dilanjutkan dengan (2) Tahap Analisis Data dimana hasil analisis pertama diolah ke dalam matriks internal-eksternal serta TOWS untuk memunculkan strategistrategi alternatif dari kombinasi faktor internal dan eksternal serta disimpulkan pada (3) Tahap Pengambilan Keputusan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) yang dapat memberikan suatu basis obyektif bagi pemilihan strategi yang tepat. Penelitian ini akan sangat bermanfaat untuk meminimalisir kegagalan yang sangat mungkin terjadi dalam penerapan e-Learning, sehingga investasi yang telah dikeluarkan oleh institusi pendidikan tidak sia-sia. Manfaat lebih besar lagi yakni tercapainya tujuan penerapan e-Learning dengan memodelkan strategistrategi optimal yang dihasilkan dari penelitian ini.

Article Details

How to Cite
PAMUNGKAS, Wisnu Hera; ARMALINA, Viska. ANALISIS PENERAPAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DENGAN PENDEKATAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX. METIK JURNAL, [S.l.], v. 1, n. 1, aug. 2017. ISSN 2580-1503. Available at: <http://jurnal.stmikbpn.ac.id/index.php/metik1/article/view/15>. Date accessed: 11 dec. 2017.
Section
Articles