PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENANGANAN PELANGGARAN PEMILU DENGAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY (Studi Kasus Pada Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Kutai Barat)

Main Article Content

Supriyanto Supriyanto

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin memudahkan Pengawasan baik di Tngkat Kabupaten, Panwaslu Kecamatan, Pengawas Pemilu Lapangan serta masyarakat secara umum. Salah satunya dengan cara mengembangkan Sistem Informasi Penanganan Pelanggaran Pemilu Dengan Menggunakan SMS Gateway yang sangat mungkin untuk diterapkan di Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Kutai Barat. Sistem Iinformasi melalui SMS Gateway diharapkan dapat mengoptimalkan sistem pendistribusian informasi yang sedang berjalan di Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Kutai Barat, Panwaslu Kecamatan, Pengawas Pemilu Lapangan serta masyarakat untuk mengetahui semua kegiatan yang ada di Panwaslu Kabupaten Kutai Barat.


Pada penelitian ini dihasilkan sebuah rancangan Aplikasi sistem informasi penanganan Pelanggaran yang di lakukan oleh Panwaslu Kabupaten Kutai Barat dengan menggunakan SMS Gateway berbasis web dengan menggunakan CodeIgniter dan Gammu. Perancangan dimulai dengan dengan melakukan identifikasi kebutuhan sistem.


Hasil dari perancangan Sistem Informasi Penanganan Pelanggaran selanjutnya memberikan Bimbingan Teknis dan sosialisasi ke masyarakat umum tentang cara pelaporan pelanggaran, No SMS senter diberikan kepada Panwaslu Kecamatan, Pengawas Pemilu Lapangan, setelah Panwaslu Kabupaten Kutai Barat menerima laporan pelanggaran selanjutnya Panwaslu Kabupaten melakukan investigasi dan mengumpulkan barang bukti, Panwaslu Kabupaten Kutai Barat baru bisa menentukan apakah jenis pelangaran tersebut masuk dalam pelanggaran administrasi, Pelanggaran Pidana atau Kode Etik, selanjutnya berkas dikembalikan lagi ke admin untuk dimasukan kedalam sistem, agar sewaktu-waktu Panwaslu Kecamatan, Pengawas Pemilu Lapangan dan masyarakat umum dapat dengan mudah dalam mengetahui pelanggaran-pelanggaran apa saja yang terjadi hanya dengan cara mengakses melalui Handpone dengan cara sms.  Aplikasi ini mempunyai tiga tab menu utama yaitu tab menu SMS Server, Pengumuman Umum dan Pengumuman Pelanggaran.  Hasil dari perancangan ini dapat digunakan sebagai acuan yang terstruktur untuk pembuatan  program dan uji coba pengembangan sistem informasi penanganan pelanggaran melalui SMS Gateway di Panwaslu Kabupaten Kutai Barat.

Article Details

How to Cite
SUPRIYANTO, Supriyanto. PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENANGANAN PELANGGARAN PEMILU DENGAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY (Studi Kasus Pada Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Kutai Barat). METIK JURNAL, [S.l.], v. 1, n. 1, aug. 2017. ISSN 2580-1503. Available at: <http://jurnal.stmikbpn.ac.id/index.php/metik1/article/view/13>. Date accessed: 11 dec. 2017.
Section
Articles